IBX582438E75156F

Bunda Lagi Hamil? Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengetahui Info Perkembangan Bayi Dengan Mudah

Info Perkembangan Bayi

Pengalaman pertama menjalani masa kehamilan, bagi sebagian besar perempuan tentu adalah hal yang tidak terlupakan. Begitu pula dengan saya yang saat ini tengah mengandung anak pertama. Pada awal kehamilan, banyak hal yang saya alami seperti ngidam, emosi yang tidak stabil, kondisi fisik yang mudah lelah dan lainnya. Untunglah saat ini, beragam info perkembangan bayi mulai dari masa hamil hingga tumbuh kembang bayi, mudah didapatkan dari banyak media sehingga saya tidak terlalu khawatir untuk menjalani masa kehamilan pertama ini. 

Untuk menjaga janin dalam kandungan selama hamil, ada beberapa hal penting yang saya lakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan serta keselamatan bayi, cara ini juga tentu bermanfaat untuk mengetahui secara rutin bagaimana perkembangan janin mulai dari trimester pertama hingga akhir. Apa sajakah itu?!

1. Lakukan Cek Rutin
Hal pertama yang tentu saja harus dilakukan oleh seorang ibu hamil untuk mengetahui info perkembangan bayi adalah dengan melakukan pemeriksaan atau check up secara rutin. Check up bisa dilakukan pada bidan terdekat, ke Puskesmas, Klinik Ibu Hamil atau Rumah Sakit. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin yang ditangani oleh ahli, maka informasi seputar keadaan ibu dan janin lebih akurat dan terpantau dengan baik. Selain itu, jika ada masalah yang terjadi, bisa segera ditangani.

2. Pasang Aplikasi Di Smartphone
Cara mudah lainnya untuk mengetahui informasi seputar perkembangan janin selama masa hamil adalah dengan memasang aplikasi khusus ibu hamil pada smartphone pribadi. Cara ini saya lakukan untuk memudahkan jika sewaktu-waktu ingin mengetahui info seperti usia kehamilan, tips makanan sehat ibu hamil, berat ideal janin dan lainnya. Aplikasi ini bisa dengan mudah didapatkan, cukup hanya dengan melakukan download dan instal aplikasi, maka sudah bisa digunakan pada smartphone. Sangat praktis dan bermanfaat pastinya!

3. USG
Pada awal kehamilan, untuk meyakinkan bahwa memang terdapat janin yang tumbuh dalam kandungan, saya disarankan oleh bidan terdekat untuk melakukan USG. Melalui alat ini, kita dapat mengetahui secara lebih jelas bagaimana perkembangan janin. Menjelang usia kehamilan dari bulan ke bulan, USG memang sebaiknya terus dilakukan, tujuannya tidak lain untuk memantau keadaan janin secara lebih akurat. 

4. Minta Pasangan Untuk Mnegingatkan!
Salah satu dampak yang dialami oleh ibu hamil adalah berkurangnya daya konsentrasi sehingga tidak jarang, ibu hamil jadi pelupa. Untuk itu, lakukan komunikasi kepada pasangan atau suami untuk selalu mengingatkan akan hal penting selama masa hamil seperti jadwal check up, asupan makanan bergizi, senam ibu hamil, konsumsi vitamin dan lainnya.  

Semoga info yang saya bagikan pada artikel ini bermanfaat, khususnya untuk para ibu hamil. Selamat menyambut buah hati…!
Share on Google Plus

About Ayead Gaptek

0 comments:

Post a Comment