IBX582438E75156F

4 Jenis Diet Sehat Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan

Turunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan kita harus selektif dalam memilih jenis diet. Kita tahu bahwa banyak sekali jenis diet yang bisa diterapkan saat ini, mulai dari diet mayo, diet OCD, diet buah, diet nasi, dan lain sebagainya. Namun itu tidak berarti kita dapat menjalankan diet sesuka hati. Memilih program diet dengan berkonsultasi terlebih dulu pada ahli gizi tentu akan lebih aman dan bijak. Nah apakah diet yang kamu jalani sudah sesuai? Mari kenali dulu jenis diet aman yang bisa kamu jalani :

Diet Sesuai Golongan Darah
Jika dilihat dari golongan darah, ternyata diet juga memiliki aturan sendiri. Diet golongan darah akan berbeda pada orang dengan golongan darah berbeda. Oleh sebab itu terciptalah jenis diet berdasarkan golongan darah ini. Hal ini dikarenakan reaksi setiap orang pasti akan berbeda ketika melakukan program diet meskipun program tersebut adalah sama.

Diet Atkins
Awalnya jenis diet ini diperkenalkan oleh Dr. Robert C dan cukup populer di kawasan asia terutama Malaysia. Diet Atkins adalah program menurunkan berat badan dengan cara membakar karbohidrat serta lemak yang ada di dalam tubuh. Pelaku diet ini dibebaskan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak dan protein namun dibatasi untuk jenis makanan berkarbohidrat tinggi seperti kentang, roti, nasi dan lainnya. Namun diet ini tetap menganjurkan mengkonsumsi karbohidrat hingga 20 mg per harinya.

Diet Atkins cukup populer di negara Asia karena orang dapat menurunkan berat badan tanpa merasakan lapar. Sayangnya untuk ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk menjalani program diet ini karena dapat menyebabkan rasa letih dan timbulnya keluhan pada perut. Selain itu, jika dilakukan dalam jangka panjang, diet ini berpotensi menimbulkan penyakit stroke, meningkatnya tekanan darah, dan penyakit jantung koroner. Itulah sebabnya tak sembarang orang menjalani jenis diet Atkins.

Diet Rawfood
Jenis diet Rawfood adalah diet vegetarian yang menawarkan menu berupa buah dan sayuran yang dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak setengah matang. Hal ini bertujuan untuk mencegah kandungan vitamin dalam buah dan sayuran agar tidak hilang atau rusak.

Selain baik untuk menurunkan berat badan, diet ini juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Namun dalam diet ini kamu patut mewaspadai bahan pestisida yang mungkin terkandung pada buah atau sayuran tersebut loh. Oleh sebab itu, kebersihan buah dan sayuran perlu diperhatikan dengan cara mencuci terlebih dulu sebelum menyantapnya.

Diet The South Beach
Diet ini menawarkan menu sehat yakni dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung protein dengan konsumsi karbohidrat kompleks dan lemak yang dibatasi. Jenis diet ini sangat baik untuk para penderita diabetes karena tak hanya menurunkan berat badan tetapi juga menurunkan kadar gula dalam darah.

Catatan:
Salah satu bagian penting saat ingin menjalani program diet adalah komitmen. Seringkali diet kita gagal bukan karena programnya, namun karena komitmen diri kita. Untuk itu, saat melakukan program diet pastikan kamu memiliki komitmen untuk tetap menjaga pantangan. Jika komitmen sudah kamu miliki, tidak menutup kemungkinan tubuh langsing bisa kamu dapatkan dalam waktu lebih cepat loh.

Demikian empat jenis diet yang bisa kamu konsultasikan pada ahli gizi atau dokter sebelum menjalankan nya. Jenis diet apa yang harus kamu terapkan dan harus kamu hindari, semua tergantung pada kondisi diri kamu sendiri loh. 
Share on Google Plus

About Miftah Farid

0 comments:

Post a Comment