IBX582438E75156F

Tips Memilih Pisang yang Segar dan Berkualitas

Cara Memilih Pisang

Sudah bukan rahasia lagi kalau pisang merupakan salah satu buah yang baik bagi pengidap diabetes. Bukan hanya obat diabetes saja yang jadi andalan untuk menyembuhkan penyakit, namun pola makan yang tepat pun akan mendukung kesehatan pengidap diabetes secara maksimal. 

Beberapa informasi seputar manfaat pisang sebagai camilan sehat ada pada ulasan berikut ini :


Setelah tahu soal manfaat pisang, pasti kita tidak ragu lagi mengonsumsinya dengan porsi seimbang. Kita wajib mengetahui tips berikut ini sebelum memilih pisang yang segar dan berkualitas :

Mengamati Bagian Tandan Pisang
Bagian tandan pisang rupanya bisa mengindikasikan apakah pisang masih dalam keadaan segar atau tidak. Pisang yang masih segar pasti memiliki warna tandan yang masih hijau. Sementara jika warna tandan sudah layu dan kehitaman, berarti pisang tersebut sudah dipanen sejak lama.

Kulit Pisang Tidak Selalu Menandakan Kesegaran
Kadang kala kita pasti pernah menemukan pisang yang bagian kulitnya berbintik hitam atau malah hitam seluruhnya. Hal ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kondisi buah pisangnya. Ketika memilih pisang berdasarkan kulitnya, usahakan agar tidak ada bagian kulit yang kelihatan bonyok. Sehingga kita bisa mendapatkan pisang yang mulus berkualitas dengan rasa yang manis.

Pisang untuk Dimakan atau Diolah Lagi?
Jenis pisang memang sangat beragam. Ada pisang yang cocok untuk dimakan langsung dan ada pula yang mesti diolah terlebih dahulu. Pisang jenis cavendish, lampung, dan siyam biasanya lebih cocok dimakan langsung. Sedangkan jenis pisang kepok, tanduk, dan nangka akan lebih nikmat kalau diolah terlebih dahulu. Pisang dapat diolah menjadi kolak, pisang goreng, smoothie, atau bahan campuran kue agar cita rasanya tidak membosankan.

Tekstur Pisang yang Sudah Matang
Ternyata pisang termasuk buah yang mudah rusak bila sudah matang. Kalau ingin membeli pisang untuk langsung dikonsumsi, kita mesti memilih pisang yang teksturnya sudah lembut. Sedangkan jika ingin menyimpannya untuk beberapa hari, pilihlah pisang yang masih agak keras dengan warna kulit yang agak kehijauan.

Tak ada lagi kata sulit saat memilih pisang bila kita sudah menguasai tipsnya. Yuk mengonsumsi pisang secara teratur untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Pengidap diabetes pun akan lebih sehat dan berenergi bila mengonsumsi pisang dengan porsi seimbang.
Share on Google Plus

About Miftah Farid

0 comments:

Post a Comment